CINTA SEJATI

Sunday, June 21, 2009

Perbedaan cinta sejati dan nafsu
Kasih sayang yang murni dan suci bukannya perasaan, melainkan suatu prinsip. Mereka yang didorong oleh cinta sejati tidak akan menjauhkan pertimbangan yang sehat atau bersikap buta.( NBS, 246).
Cinta sejati menyertakan Allah kedalam segala rencananya dan akan selaras benar dengan Roh Allah, hawa nafsu sebaliknya bersifat keras kepala, tergesa-gesa, tidak berdasarkan akal sehat, menentang segala larangan dan akan memberikan sesuatu yang menjadi pilihannya. (NBS, 247).
Cinta sejati bukannya suatu hawa nafsu kuat, ganas, dan berkobar-kobar. Sebaliknya cinta sejati itu bersifat tenang. Cinta itu memandang bukan saja secara lahir, dan tertarik hanya oleh melihat tingginya martabat seseorang. Cinta itu bijaksana dan tahu membedakan dan ketekunannya bersifat sejati dan tahan lama. (NBS 247).

Tanda cinta sejati dalam perangai
Didalam perangai seorang yang mempunyai cinta yang benar, rahmat Allah akan ditunjukkan. Kesopanan, kesederhanaan, ketulusan, kesusilaan, dan agama akan menjadi tanda dari tiap-tiap langkah dari perhubungan dalam perkawinan. (AKOM, 431).
Kalau dalam keadaan mabuk cintamu itu, engkau berulang-ulang dapat meninggalkan tempat berbakti,…bagaimana engkau harap Allah bisa memberkati perhubungan serupa itu. (AKOM, 411).

Menjalin cinta secara sembunyi-sembunyi
Seorang orang muda yang bergaul dan mencintai dan menawan hati seorang gadis dan secara sembunyi-sembunyi kepada orang tua gadis tersebut, berarti dia tidak berlaku sebagai orang Kristen yang hormat kepada gadis itu sendiri dan kepada orang tuanya. Melalui hubungan dan pertemuan rahasia dia dapat mempengaruhi pikiran gadis itu; tetapi dalam berbuat demikian dia alpa menunjukkan kemuliaan dan ketulusan jiwa yang seharusnya tiap-tiap anak Allah punyai. ( AKOM, 419).

Mempermainkan cinta
Mempermainkan cinta adalah suatu kejahatan yang bukan kecil dipemandangan Allah yang suci. Ada pemuda-pemuda yang menunjukkan seolah-olah menaruh hati kepada wanita-wanita muda dan memikat hati mereka, dan kemudian pergi dan melupakan segala perkataan yang telah mereka ucapkan serta pengaruhnya. Suatu wajah baru menarik hati mereka, dan mereka ulangi perkataan yang sama, memberikan perhatian yang sama kepada yang lain. Pembawaan seperti ini akan ternyata dengan sendirinya dalam kehidupan sesudah menikah. (NBS, 259).
Larangan menikah dengan yang tidak seiman
Jangan sekali-kali umat Tuhan coba menginjak daerah larangan. Perkawinan di antara orang yang percaya dan tidak percaya dilarang keras oleh Tuhan. (AKOM, 410)

Terlanjur Janji
Mungkin engkau berkata, “Tetapi saya telah berjanji, dan haruskah saya menariknya kembali sekarang?” Saya menjawab, Kalau engkau sudah mengikat janji yang berlawanan dengan Kitab Suci, dengan segala daya tariklah janji itu kembali tanpa bertangguh, dan dalam kerendahaan hati di hadirat Allah bertobatlah dari keberanian yang menyebabkan engkau mengikat janji sangat terburu-buru. Jauh lebih aik menarik menepatinya, dan dengan jalan demikian menghormati Khalikmu! (NBS 225)

Batas umur menentukan keputusan teman hidup
Seorang muda yang masih dibawah dua puluh tahun umurnya tidak dapat menimbang dengan baik tentang kewajaran seorang yang sama mudanya pula dengan dia untuk menjadi kawan hidupnya. (AKOM, 424).

Hal-hal yang harus ada dalam sebuah hubungan kasih sayang

1. Passion (suka)
2. Intimacy (keakraban)
3. commitment (janji)

Jenis hubungan jika hanya salah satu indicator yang memenuhi
Indicator <==> Jenis hubungan
- Passion <==> seperti pelacur
- Intimacy <==> sahabat
- Commitment kawin paksa

Akibat-akibat pada hubungan jika salah satu indicator tidak ada
Passion + Intimacy ==> mengambang
Passion + Commitment ==> gersang(tidak bertahan)
Intimacy + Commitment ==> cepat mati

Dua hal utama yang menjadi pertimbangan seorang wanita sebelum menerima cinta pria
1. Apakah ia benar-benar menerima saya?
2. Apakah ia sanggup menghidupi saya?

Perbedaan antara cinta sejati dan nafsu (menurut Roh Nubuat)
Cinta sejati <==> Nafsu
lambat datang<==> cepat datang
tenang <==> tergesa-gesa, menggebu-gebu dan ganas
tahan lama <==> tidak tahan lama
tidak memaksa <==> memaksa, keras kepala
sopan <==> tidak sopan
menerima larangan <==> menentang larangan
didorong oleh berprinsip <==> didorong oleh perasaan

Ciri-ciri cinta sejati menurut Alkitab 1 Korintus 13 : 4 -7
- sabar
- murah hati
- tidak cemburu
- sopan
- tidak mementingkan diri
- tidak pemarah
- tidak menyimpan kesalahan
- suka yang adil
- suka kepada yang benar
- menutupi sesuatu
- percaya

sumber : Kumpulan khotbah & Renungan Osbert Miojo SPd

2 comments:

  1. edwin phill tenda said...:

    "..dear bro/sis , qt hrs sdr bhw pemahaman qt ttg cinta sdh merosot jauh dr nilai2 kebnaran..!
    apa mgkin krn kbyakan nnton film dn sinetron yaa....???!!
    yg laiin mari ikut comment!!
    Gb PAKMS

  1. HZH said...:

    setuju sama ketua PA winangun...