Tunjukan rasa hormat pada siapapun yang memegang otoritas

Wednesday, July 1, 2009
Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Lukas 6 : 31

Ketika sedang mengemudi melintasi jalan di pedesaan, seorang pria berpapasan dengan sebuah jembatan yang sangat sempit. Di muka jembatan itu terpasang sebuah papan pengumuman. Papan itu berbunyi, “beri jalan.” Karena tidak melihat ada mobil yang menuju ke arahnya ia melanjutkan perjalanan menyebrangi jembatan dan menuju ke tempat tujuannya. Pada perjalanan pulang menempuh rute yang sama, ia berpapasan dengan Jembatan satu arah yang sama, kali ini dari arah yang berlawanan. Anehnya, ia melihat papan tanda “beri jalan” lain di sana.

Dengan penasaran ia berpikir, aku yakin ada papan tanda yang dipasang di sisi yang lain. Benar saja, ketika ia tiba di sisi lain jembatan dan menoleh ke belakang, ia melihat papan tanda beri jalan di pasang pada kedua sisi jembatan, jelas dimaksudkan agar para pengemudi dari kedua arah diminta untuk saling memberi jalan. Ini adalah cara yang masuk akal dan aman untuk mencegah tubrukan.

Jika anda mendapati diri anda berada dalam situasi pertentangan dengan seseorang yang memiliki otoritas lebih besar dari anda-atau ortoritas yang sama pada situasi tertentu- lebih bijaksana untuk mengalah pada mereka. Jika mereka benar-benar memiliki otoritas yang lebih besar, tidak adanya sikap tunduk akan menempatkan anda pada posisi sebagai terhukum atau menerima teguran. Jika anda memiliki otoritas yang sama besarnya, unjuk kekuasaan hanya akan menimbulkan kebencian dalam diri orang yang sebenarnya lebih baik di anggap sebagai kawan.

0 comments: